MAKALAH "LAHIRNYA BAHASA INDONESIA




MAKALAH

“ LAHIRNYA BAHASA INDONESIA ”

PRODI SASTRA INDONESIA
FAKULTAS ILMU BUDAYA
 




Disusun oleh kelompok II.
           
Ketua              :
Ø  Rahmat adianto
N1D116034

Anggota          :
v  Andika
N1D116090
v  Fitriani Basri
N1D116012
v  Lismayasari
N1D116068
v  Nica Astria
N1D116062
v  Zelnawati
NID116096







KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatu.

Puji syukur kami panajatkan  kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan rahmat dan hidayah-Nya, kami diberi kesehatan dan kesempatan untuk menyusun makalah ini. Tak lupa pula kami ucapan terimakasih kepada dosen kami , yang telah memberi kami amanah sebagaimana tugas dan kewajiban kami sebagai mahasiswa untuk mengerjakan tugas yang diberikan. Pada makalah ini kami mengangkat judul Lahirnya Bahasa Indonesia “.  Makalah ini kami susun sebagai proses pembelajaran dan tentunya tujuan utama penyusunan makalah ini adalah agar kita semua dapat mengetahui bagaimana proses lahirnya bahasa Indonesia. lewat prakata ini kami meminta maaf sebesar-besarnya apabila ada hal-hal yang tidak berkenan di hati para pembaca. kami juga sangat mengharapkan paratisipasi para pembaca kiranya bersedia memberi kritik dan saran terhadap makalah in, agar kami dapat mengetahui segala letak kesalahan pada makalah ini, sehingga pada penyusunan selanjutnya bisa lebih sempurnya lagi.

Salah satu alasan mengapa kita mempelajari selat beluk bahasa Indonesia? Karena kita adalah tokoh-tokoh yang memang harus paham bahasa kita sendiri. Bukan hanya sekedar paham tetapi juga kita bisa mengaplikasikan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Selain itu kita juga harus mempelajari tentang sejarah kelahiran bahasa Indonesia, karena apalah guna berlajar lebih jauh jika asal-usul bahasa yang kita gunakan tidak diketahui, maka hal tersebut akan menjadi suatu kelemahan bagi kita sebagai makhluk pribumi di Indonesia.

Sejak kecil, kita belajar bahasa Indonesia. Dimulai dengan pengenalan alfabet, hingga membuat kalimat sederhana seperti, "Ini ibu Budi." Tapi pernahkah kamu mencari tahu tentang sejarah bahasa Indonesia? Mengapa kita menggunakan bahasa yang berakar dari bahasa Melayu ini dan bukan memilih satu dari ratusan bahasa daerah di Tanah Air?
Penggunaan bahasa Melayu di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, sudah dimulai sejak abad ke-7.  Sebagai bahasa perhubungan (lingua franca) dan perdagangan bahasa Melayu pun tumbuh dan berkembang. Pada zaman Sriwijaya, bahasa Melayu juga dipakai di buku pelajaran agama Budha dan berfungsi sebagai bahasa kebudayaan.
Kemudian, bahasa Melayu kian tumbuh dan berkembang seiring penyebaran agama Islam di Nusantara. Bahasa Melayu juga dipakai di berbagai literatur sastra abad ke-16 dan 17 seperti Syair Hamzah Fansuri, Hikayat Raja-Raja Pasai, Sejarah Melayu, Tajussalatin, dan Bustanussalatin.









DAFTAR ISI


Sampul .............................................................................................. i
Kata pengantar ................................................................................ ii
Daftar isi ........................................................................................... iii

BAB I ................................................................................................ 1
    Pendahuluan ................................................................................. 1
    1.1. Latar belakang ...................................................................... 1
    1.2. Rumusan masalah ................................................................. 1
    1.3. Tujuan dan manfaat .............................................................. 1

BAB II ................................................................................................ 2
Pembahasan ....................................................................................... 2
2.1. Faktor yang mempengaruhi bahasa melayu dipilih
menjadi bahasa asli bangsa Indonesia ................................ 2
2.2. Perkembangan bahasa melayu menjadi bahasa Indonesi. 2
      2.3. Lahirnya bahasa Indonesia ................................................ 3

Bab III .............................................................................................................. 4
Penutup .............................................................................................. 4
3.1. Kesimpulan ................................................................................. 4
3.2. Saran ............................................................................................ 4

Daftar Pustaka .................................................................................. 5








BAB I
PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang


Bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional yang mengalami perjalanan sejarah yang panjang. Perjalanan yang ditempuh oleh bahasa indonesia tak terpisahkan dengan perjalanan yang ditempuh oleh bangsa Indonesia untuk merdeka.
Peristiwa bersejarah yang monumental bagi bangsa dan bahasa indonesia adalah diikrarkannya sumpah pemuda pada 28 Oktober 1928 di Jakarta. Ikrar sumpah pemuda yang terdiri dari tiga butir yang diantaranya berbunyi “Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa indonesia”. Hal ini membuktikan bahwa adanya kebulatan tekad untuk menjunjung bahasa indonesia menjadi bahasa persatuan.
Nama bahasa indonesia baru dikenal sejak 28 Oktober 1928, yang sebelumnya bernama bahasa melayu. Bahasa melayu yang mendasari bahasa indonesia yang kemudian dijadikan bahasa persatuan. Namun, dari hal ini para sosiologi bahasa tertarik untuk meneliti kondisi apa yang memungkinkan bahasa melayu dipilih dan disepakati untuk dijadikan sebagai bahasa persatuan, mengapa tidak bahasa yang lainnya seperti bahasa jawa, sunda yang jumlah penuturnya lebih banyak dari pada bahasa melayu. Para ahli pun ikut berpendapat tentang kapan sebenarnya  bahasa Indonesia itu lahir.

1.2.Rumusan Masalah
  1. Mengapa bahasa melayu dipilih menjadi bahasa asli bangsa Indonesia?
  2. Bagaimana tahap  perkembangan bahasa Indonesia?
  3. Kapan bahasa Indonesia lahir?

1.3.   Tujuan Dan Manfaat

  1. Tujuan
1.       Mengetahu alasan pemilihan bahasa melayu menjadi bahasa Indonesia.
2.       Mengetahui Perkembangan bahasa dari bahasa melayu sampai bahasa Indonseia.
3.       Mengetahui kelahiran bahasa Indonesia.
4.       Mengetahui para ahli yang menhgemukakan kelahiran bahasa inondonesia

  1. Manfaat
1.      Menambah wawasan tentang faktor-faktor  pemilihan bahasa melayu yang menjadi bahasa Indonesia
2.      Menambah wawasan tetang tahap perkembangan bahasa Indonesia
3.       Menambah wawasan terhadap lahirnya bahasa Indonesia besrta para ahli yang mengemukakan pendapat tentang waktu lahirnya bahasa Indonesia.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1.   Faktor yang mempengaruhi bahasa melayu dipilih menjadi     
         bahasa asli bangsa Indonesia

Menurut para ahli ada beberapa faktor yang mendasar mengapa bahasa melayu menjadi bahasa asli dari bahasa Indonesia, yaitu :
  1. Bahasa melayu sudah merupakan lingua franca di indonesia, bahasa perhubungan dan bahasa  perdagangan
  2. Sistem bahasa melayu sederhana, mudah dipelajari karena dalam dalam bahasa ini tidak dikenal tingkatan bahasa seperti dalam bahasa jawa (ngoko,kromo)
  3. Suku jawa, suku sunda, dan suku-suku yang lain dengan suka rela menerima bahsa melayu sebagai bahasa Nasioanal

2.2.Perkembangan bahasa melayu menjadi bahasa Indonesia

 


2.3. Lahirnya Bahasa Indonesia

perjalanan panjang bahasa Melayu sebagai lingua franca membuktikan, bahasa ini bisa mempersatukan bangsa Indonesia yang majemuk. Bahasa Melayu kemudian dikukuhkan menjadi bahasa Indonesia dan sebagai bahasa pemersatu bangsa pada 28 Oktober 1928.
kelahiran bahasa Indonesia memang pada momen Kongres Pemuda Indonesia II. Ketika itu, para pemuda Indonesia dari pelosok Nusantara berkumpul dan berikrar bahwa mereka, (1) bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia, (2) berbangsa yang satu, bangsa Indonesia, dan (3) menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Tiga ikrar ini kita kenal sebagai Sumpah Pemuda.
"Unsur yang ketiga dari Sumpah Pemuda merupakan pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Pada 1928 itulah bahasa Indonesia dikukuhkan kedudukannya sebagai bahasa nasional," demikian dilansir Badan Bahasa.
Secara yuridis, pernyataan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945 yang disahkan pada 18 Agustus 1945. Dalam Undang-Undang Dasar 1945 disebutkan bahwa Bahasa negara ialah bahasa Indonesia (Bab XV, Pasal 36).
Hingga kini, perkembangan bahasa Indonesia terus berjalan, termasuk melahirkan varian baru dalam bahasa Indonesia: bahasa gaul. Ini semua tidak lepas dari peranan kegiatan politik, perdagangan, dan media massa dalam memodernkan bahasa Indonesia.

Ada beberapa pendapat mengenai lahirnya bahasa Indonesia, yaitu sebagai berikut.
·         Menurut Gusti Ngurah Putrawan, bahasa Indonesia lahir pada awal abad ke-20 karena pada waktu itu pergerakan menentang penjajah Belanda memerlukan alat komunikasi yang dipahami oleh seluruh bangsa Indonesia, yaitu bahasa Indonesia.
·         Menurut Nugroho Notosusanto, bahasa Indonesia lahir pada tahun 1908 karena pada tahun tersebut rasa kebanggaan dan kebangsaan bangsa Indonesia mulai tumbuh dan berkembang di seluruh kawasan nusantara.
·         Menurut Umar Yunus, bahasa Indonesia lahir pada tanggal 28 Oktober 1928 karena pada waktu itu diadakan Sumpah Pemuda.
·         Menurut Slamet Mulyono, bahasa Indonesia lahir sejak dikumandangkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 karena sejak itu negara Indonesia lahir.
·         Drs. C.A. Mees, seorang sarjana Belanda yang menyatakan bahwa bahasa Indonesia lahir pada 25 Juni 1918 karena pada tanggal, bulan, dan tahun tersebut bahasa Melayu mendapat pengakuan secara resmi dalam Dewan Rakyat Pemerintahan Belanda.




BAB III
PENUTUP


3.1.      Simpulan

Berdasarkan pendapat tersebut, kelahiran bahasa Indonesia secara umum dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.
·         Bahasa Indonesia lahir pada tahun 1908, dikarena pada waktu itu mulai muncul rasa nasionalisme yang akhirnya melahirkan Budi Utomo. Tahun 1908 merupakan kelahiran bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.
·         Bahasa Indonesia lahir pada tanggal 28 Oktober 1928. Karena pada tanggal 28 Oktober 1928 para pemuda dari berbagai pelosok Nusantara berkumpul dan berikrar: Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
·         Bahasa Indonesia lahir pada 18 Agustus 1945. Hal yang mendasari pendapat ini adalah pengesahan UUD 1945 yang salah satu pasalnya, yaitu Pasal 36 yang menunjukkan kedudukan bahasa Indonesia. Kelahiran bahasa Indonesia sehari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia itu adalah dalam kapasitas sebagai bahasa resmi. 
Jadi, sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia lahir pada tahun 1908; sebagai bahasa persatuan, bahasa Indonesia lahir pada 28 Oktober 1928; dan sebagai bahasa resmi, bahasa Indonesia lahir pada 18 Agustus 1945.

3.2 .Saran

Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang hidup, karena bahasa Indonesia terus menghasilkan kata-kata baru dari penyerapan bahasa daerah dan bahasa asing.
Namun pada zaman modern sekarang banyak  penyalahgunaan bahasa yang sebenarnya tidak kita ketahui arti nya. Selain itu penggunaan kata-kata yang tidak baku oleh remaja saat ini menyebabkan kurangnya minat para remaja menggunakan bahasa Indonesia dengan baik. Sebaliknya warga negara asing lebih tertarik untuk mempelajari bahasa Indonesia.
 Kapan pun bahasa indonesia itu lahir, yang terpenting bagi kita adalah pada saat ini, kita para generasi muda haru terus melestarikan bahasa persatuan kita, bahasa indonesia.









DAFTAR PUSTAKA

1. Sairin. 2012. Sejarah Indonesia. Blog. http://sairin296.blogspot.com/2012/10/sejarah-lahirnya-bahasa-indonesia.html [diakses tanggal 24 September 2014].
2.  Pustaka Digital Indonesia. 2011. Sejarah Lahirnya Bahasa Indonesia. Blog. http://pustakadigitalindonesia.blogspot.com/2011/11/sejarah-lahirnya-bahasa-indonesia.html [diakses tanggal 24 September 2014].
3.  Dhanu Thirta. 2012. Kapan Bahasa Indonesia Lahir?. Blog http://dhanutirtha.blogspot.com/2012/11/kapan-bahasa-indonesia-lahir_1.html [diakses tanggal 26 September 2014].
4. Angin Malam. 2012. Asal mula bahasa indonesia dan perkembangan nya. Wordpress. http://uccyjhe.wordpress.com/2012/11/19/asal-mula-bahasa-indonesia-dan-perkrmbangannya/ [diakses tanggal 26 September 2014]
5.  Rahmat Sasind UHO. 2016. makalah lahirnya bahasa indonesia. Blog http://rahmat-sasind-uho.blogspot.com/2016/09/makalah-lahirnya-bahasa-indonesia.html







































Komentar

Postingan Populer